Monday, February 29, 2016

Kiddle.co Search Engine Yang Dirancang Khusus Untuk Anak-Anak

Kiddle.co Search Engine Yang Dirancang Khusus Untuk Anak-Anak

Tips dan Trik ala Abie - kiddle.co adalah mesin pencari khusus untuk anak-anak. Selama ini, Mesin telusur yang dianggap memberi begitu besar manfaat juga tidak mampu melepaskan diri dari kotak negatif penggunaan Internet. Mesin pencari terbesar di abad ini, google juga tidak luput dari hal demikian. Kekhawatiran orang tua ketika anaknya menggunakan Internet adalah mengakses konten website yang bukan diperuntukkan baginya. Search engine kerap menampilkan website dengan konten dewasa, walaupun hal ini terjadi apabila keyword yang diketik terkait kedewasaan, namun itu tidak menjamin keamanan informasi yang dapat diakses dan dikonsumsi oleh anak-anak. Hal ini bisa merujuk anak-anak untuk membuka website tersebut dan termotivasi untuk lebih jauh mengetahui apa yang mereka lihat, baca dan dengar.

Semua tahu bahwa pertumbuhan internet begitu pesat. Tidak hanya bagi blogger yang menjadikan blogging sebagai profesi, bahkan semua kalangan memanfaatkan internet dalam berbagai kepentingan. Terlepas dari motif penggunaan Internet, pengawasan terhadap anak adalah perlu dilakukan karena besarnya potensi negatif sebagai dampak pesatnya akses internet.

Bimbingan dan pengawasan perlu diberikan oleh orang tua sebagai salahsatu upaya mencegah agar anak tidak jeluar dari jalur belajarnya. Kekhawatiran orang tua tersebut sangat beralasan, menilik dari kebebasan akses konten internet, website apapun bisa dengan mudah ditemukan. Tidak hanya itu, rasa keingintahuan anak pada hal baru memicu kekhawatiran berlebih bagi para orang tua, pasalnya, selalu ada kemungkinan rasa ingin tahu tersebut berada pada koridor yang salah atau pada waktu yang belum tepat. Namun sekarang, kekhawatiran orang tua sedikit banyak bisa teratasi karena kehadiran mesin pencari yang dirancang khusus untuk anak-anak.

kiddle.co adalah search engine khusus anak

kiddle.co search engine khusus anak-anak

Sebuah terobosan baru di dunia internet, Mesin pencari kini lebih peduli terhadap perkembangan mental anak. Adalah kiddle.co, sebuah search engine yang dirancang khusus untuk anak-anak oleh beberapa programmer serta melibatkan google safe search yang diklaim mampu menangkal kemunculan konten dewasa di halaman hasil pencarian mereka.

Hasil pengembangan raksasa mesin pencari ini telah berhasil meringankan beban para orang tua terkait bebasnya akses ke website yang menyerang anak-anak. Saya belum mengetahui secara pasti seperti apa algoritma yang digunakan, jika google menciptakan hummingbird algoritma sebagai salah satu proses filter web, kiddle mungkin lebih menekankan algoritma yang berkerja pada query.

Kiddle peduli, paham bahwasanya anak juga memiliki hak mendapatkan informasi, pendidikan serta banyak faktor untuk perkembangan mental mereka. Namun, informasi dan atau sebagainya tidak begitu saja bisa dipersembahkan, perlu dikaji terlebih dahulu, penting untuk disaring apakah informasi tersebut layak dikonsumsi anak atau malah sebaliknya. Hal tersebut menjadi acuan bagaimana hasil pencarian ditampilkan. Informasi yang Saya dapatkan dari kiddle.co, mereka menyusun urutan website berdasarkan tingkat konten. Untuk lebih jelasnya, Saya lampirkan bagaimana mereka menyusun search engine result page kiddle.

Dasar penampilan search result page kiddle.co

Setidaknya ada 3 kriteria konten yang disebut bisa menempati halaman hasil pencarian.

  1. Halaman 1 sampai 4 akan memunculkan webpage yang dibuat khusus untuk anak-anak.
  2. Halaman 5 hingga 7 memunculkan website terpercaya yang memuat konten umum tetapi dengan bahasa dan penyampaian sederhana, sehingga anak-anak bisa dengan mudah memahami Isi website tersebut.
  3. Halam 8 dan seterusnya diisi oleh situs aman dan terpercaya dengan muatan untuk usia dewasa dengan susunan bahasa penyampaian yang lebih sulit dipahami oleh anak-anak.
Selain sistem penyusunan ranking tersebut, orang tua pun bisa mengajukan pemblokiran kata kunci. Pengajuan ini dimaksudkan agar istilah atau bahasa yang tidak seharusnya digunakan bisa terisolasi dan tidak akan muncul.

Demikian review tentang kiddle.co ini Saya tulis, semoga memberikan manfaat dan menambah wawasan Anda semua. Baca juga bagaimana blog bisa meningkatkan IQ, atau artikel kemarin yang Saya publikasikan tentang seo blog mati suri. Terimakasih dan sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment