Sunday, March 2, 2014

Membuat blog dengan platform blogger

Membuat blog dengan platform blogger

Keinginan berbagi hal menarik kini bisa dilakukan dengan mudah. Internet yang kian meningkat dalam konteks penggunaan, memberikan jalan alternatif untuk menyebar luaskan pemikiran maupun hal menarik lainnya. Akan tetapi, untuk dapat melakukan hal tersebut Anda diharuskan memiliki wadah yang digunakan sebagai penyimpan yang dapat diakses oleh pengguna Internet. Blog adalah bentuk wadah yang mampu memberikan fitur sesuai kebutuhan Anda. Apapun tujuan Anda membangun sebuah blog, baik komersil atau reguler, semua bisa dimulai dari langkah sederhana membuat blog ini. Saya akan memandu Anda dengan panduan ringkas tentang bagaimana cara membuat blog dengan memanfaatkan layanan gratis dari google.

Blogger adalah salah satu produk google yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan bagi Anda yang ingin memiliki blog. Walaupun Blogger memiliki fitur yang cukup membuat penggunanya terkagum, mereka tidak memungut biaya apapun. Sebelum mulai membuat blog, pastikan Anda telah memiliki akun google sebagai syarat mutlak untuk dapat menggunakan layanan blog gratis blogger. Jika Anda belum memilikinya, mulailah dari Membuat akun google.

Mulai membuat blog

Setelah memiliki akun google, bukalah www.blogger.com di jendela baru browser Anda. Setelah itu, Anda dihadapkan dengan tampilan kurang lebih seperti gambar berikut :

blogger home

Isi form dengan akun google atau gmail yang telah Anda miliki berserta password akun Anda. Selanjutnya, Anda akan melihat :

blogger halaman pertama

Disana terdapet tombol atau link lanjutkan ke blogger, klik link tersebut lalu ikuti langkah selanjutnya. Agar lebih jelas, lihat gambar :

blogger blog baru

Di samping kiri layar monitor Anda kini terdapat tombol tautan Blog Baru, klik tautan tersebut dan akan muncul beberapa form yang harus Anda isi.

halaman buat blog baru blogger
  1. Judul: Isilah judul blog yang Akan Anda buat. Contoh sederhana pengisian form tersebut adalah Tips dan Trik ala Abie seperti judul blog ini. Silahkan sesuaikan dengan tema milik Anda.
  2. Alamat: Form ini adalah untuk menentukan alamat atau url yang akan dipakai untuk mengakses halaman awal atau homepage blog. Isikan dengan kata yang mudah diingat. Anda bisa menambahkan angka didalamnya atau karakter minus (-). Contoh: namaanda.blogspot.com atau nama-anda.blogspot.com dan juga nama-anda111.blogspot.com. Jika muncul pemberitahuan maaf, alamat blog tidak tersedia di bawah form tersebut, hal itu berarti alamat yang Anda pilih sudah digunakan. Carilah nama lain sampai muncul notifikasi alamat blog tersedia, yang berarti kita bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  3. Template: Template adalah tampilan atau interface blog Anda. Pilihlah sesuai selera. Anda bisa mengubahnya nanti, setelah Blog berhasil dibuat.

Sampai tahap ini, Blog berhasil dibuat dan ditambahkan ke akun blogger Anda. Selanjutnya, klik judul blog yang baru saja Anda buat. Setelah itu, Anda dibawa ke halaman dashboard blogger. Untuk lebih mengerti apa saja dan bagaimana menggunakan fitur dashboard ini, ikuti panduan selanjutnya tentang Mengenal berbagai fitur dashboard blogger.

Artikel ini tersusun :

  1. Membuat akun google
  2. Membuat blog dengan platform blogger
  3. Mengenal berbagai fitur dashboard blogger
  4. Membuat posting atau artikel
  5. Memilih template blog
  6. Menambah element blog

No comments:

Post a Comment