Saturday, January 11, 2014

Mengenal Algoritma Google Hummingbird Lebih Dekat

Mengenal Algoritma Google Hummingbird Lebih Dekat

Algoritma Google Hummingbird - Keseriusan raksasa mesin pencari yang satu ini rasanya tidak terbantahkan. Pasalnya, pada akhir tahun 2013 lalu, mereka secara resmi meluncurkan kode rumit mesin pencari terbarunya. Pembaruan algoritma oleh google, dalam pembahasan ini adalah hummingbird, disebut-sebut merubah mesin mereka menjadi semakin manusiawi. Seperti apa bentuk detil robot maya tersebut? Mari kita kupas Algoritma google hummingbird.

Algoritma Google Hummingbird

Sebelum masuk dalam pembahasan pokok, camera.co.id toko kamera murah di Indonesia sudah berhasil Saya kedepankan dalam lingkaran google hummingbird. Tulisan kecil sebagai pencarian konsep ideal SEARCH ENGINE OPTIMIZATION di tengah popularitas kata kunci milik toko kamera murah yang semakin melesat.

Selain toko kamera murah, penulisan review portal berita artis, k-pop paling keren dan update juga masuk dalam daftar kontes seo yang sedang saya ikuti. Pada saat artikel tersebut ditulis, algoritma hummingbird sedang berlaku.

Keberlakuan dan Dampak Hummingbird

Saya belum mengetahui secara pasti bagaimana format ideal menurut barisan kode rumit mereka. Sudah sering terdengar bahwa, google akan terus berusaha memberikan hasil terbaik berdasarkan kualitas konten jawaban yang berderet di hasil penelusuran.

Bagaimana bisa mereka menentukan kualitas halaman web dari milyaran yang tersebar di Internet? Itulah alasan kenapa saya menulis artikel algoritma hummingbird setelah banyak sekali uraian yang dipublikasi. Tim mesin pencari google memang dikenal sebagai tim dengan kinerja maksimal, terbukti dengan pembaruan-pembaruan yang sukses menebas halaman web spam atau melanggar kebijakan mesin pencari.

Hummingbird adalah update terakhir yang dilakukan google di penghujung tahun 2013. Dampak signifikan yang terlihat dari algoritma tersebut adalah menghilangnya halaman web yang dianggap melanggar kebijakan.
Banyak webmaster menganggap bahwa pembaruan ini adalah puncak sisi manusiawi dalam memberikan jawaban untuk pengguna mesin pencari. Disisi lain, anggapan negatif seperti salah sasaran atau salah menilai kualitas halaman web, dilontarkan oleh korban algoritma google hummingbird.

Klaim Google terhadap kinerja mesin penelusurannya

algoritma google hummingbird

Dengan berbagai macam dampak, baik positif maupun negatif, perusahaan yang bergerak dalam penyediaan mesin penelusuran ini mengeluarkan klaim atas pembaruan tersebut. Menurut berbagai informasi yang telah Saya rangkum, google mengklaim :

  • Tingkat relevansi antara query dan hasil penelusuran melebihi tingkat relevansi diatas panda dan penguin algoritma.
  • Berhasil meningkatkan waktu penampilan hasil, hanya dengan 0,0sekian detik, jawaban sudah tersedia di SERP.
  • Sukses memangkas keberadaan halaman web spam di search engine result page, sehingga hasil lebih bersih dari halaman pengganggu.
Kita lihat saja seberapa manusiawikah kode baru yang diterapkan. Berhasilkah mereka untuk benar-benar menghilangkan web spam dan web yang melanggar kebijakan mereka dengan adanya algoritma terbaru google bernama hummingbird.

Hummingbird Bukan yang terakhir

Mengingat komitmen mereka yang begitu kuat untuk memberikan hasil terbaik, rasanya kecil kemungkinan bahwa google menjadikan periode update ini sebagai puncak dari segala pembaruan. Berdasarkan hasil analisa berbagai pakar seo, baik personal maupun organisasi, pembaruan akan dilakukan pada situasi tertentu.

Kemungkinan sementara adalah ketika banyaknya laporan pengguna mesin pencari tentang kualitas yang ditampilkan serps. Kemungkinan Selanjutnya adalah ketika celah kode tersebut ditemukan, atau bisa juga terbuka dengan sendirinya yang disebabkan oleh sedikit faktor.

Entah berapa lama lagi pemberlakuan hummingbird berjalan, semuanya tergantung pada pengguna aktif dan tim web spamming. Yang jelas, kita sebagai aktivis search engine optimization hanya bisa mengamati perubahan yang ada, serta menyesuaikan diri terhadap keberlakuan tersebut.

Algoritma Google Hummingbird

Search engine akan terus berkembang. Butuh eksistensi serta proses agar bisa terus ikut bersaing melintasi medan yang semakin rumit. tips dan trik ala abie berencana memfokuskan pembahasan pada isu mesin pencari. Ke-depannya, akan ada banyak ulasan seputar seo.

Apabila rencana tersebut dapat berjalan sesuai rencana, saya berserta teman-teman yang juga memiliki minat terhadap pengoptimalan search engine, akan membuka forum resmi secara eksklusif. Artinya, kita dapat berdiskusi secara aktif, membagi dan berbagi ilmu, serta menjalin persahabatan antar sesama pencinta seo. Namun kembali lagi saya katakan, semua itu masih sebatas wacana, jadi atau tidaknya tergantung seperti apa kondisi dan situasi yang akan datang.

Saya berharap dengan terpublikasinya ulasan algoritma search engine terbaru milik google, hummingbird ini, mampu memberikan pengetahuan baru. Selanjutnya, akan saya buatkan artikel yang saya harap juga bisa menjadi informasi layaknya judul Algoritma Google Hummingbird.

Baca juga : Klikgaul.com Portal Berita artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update.

No comments:

Post a Comment