Tuesday, June 11, 2013

SEO Membantu Perusahaan Merebut Pasar Online Internet

Bagi sebagian perusahaan profesional (diukur dari tingkat kesibukan), keberadaan website untuk menunjang keberlangsungan dan peningkatan grafik income, berada pada posisi central. Website, pada jaman berbau teknologi seperti saat ini dijadikan awal penilaian bagi calon customer(s). Sebab itu, website berguna membantu meningkatkan popularitas perusahaan secara skematis. Harap dicatat, popularitas yang dibentuk oleh website perusahaan adalah tergantung bagaimana kinerja website tersebut di Internet. Tidak perduli bagaimana interface, kualitas konten atau lain sebagainya tentang website tersebut, apabila tidak mampu menguasai area central Internet market, maka hampir bisa dipastikan website tersebut masuk dalam kategori "mandul".

Area internet market sebenarnya bisa diciptakan sendiri oleh pengelola website. Hanya saja butuh waktu panjang jika memulai dari nol. Beberapa keluhan telah saya dengar, dan sebagian besar mengeluhkan sulitnya bersaing dengan perusahaan yang bergerak dalam satu bidang. Hal ini memang biasa terjadi terhadap perusahaan yang baru terjun ke pasar online. Beberapa penyebab gagalnya persaingan itu antara lain :

  • Tidak memiliki target pasar yang jelas: Faktor paling dominan dan sering menjadi topik utama dari kesimpulan saya.
  • Tidak mampu melihat celah, atau tidak bisa memanfaatkan celah: Terkadang kesempatan datang tanpa kita sadari dan ketika kita sadar, kita tidak tahu bagaimana membuka dan memasuki celah tersebut.
  • Pengelola website tidak memiliki latar belakang atau pengetahuan pasar online: Hal ini memang jarang terjadi, namun beberapa masih saya dengar.
Menguasai pasar online tidak semudah yang ada dalam bayangan, perlu ketepatan, kejelian dan keahlian guna merebut hati pengguna Internet.

Persiapkan Perusahaan Anda Sebelum Terjun

Tentu saja kalimat itu lazim diterima oleh telinga Anda dan Tips dan Trik ala Abie sendiri, "Segalanya butuh persiapan". Jika dalam kehidupan sehari-hari, ada tuntutan agar selalu mempersiapkan mental untuk menghadapi atau menerima sesuatu yang tidak pernah terbayangkan terhadap diri kita sendiri. Tidak berbeda dengan kehidupan bisnis, pengelola bisnis juga dituntut agar menanam kesiapan terhadap perusahaannya. Kesiapan ini bersifat mutlak dan tidak bisa ditawar jika, perusahaan tersebut memang diciptakan dengan tujuan agar terus berjalan.

Konsep pasar di Internet juga demikian. Siapa yang memiliki kesiapan lebih, dialah pemenangnya. Walaupun konsep ini telah dipahami oleh hampir seluruh pebisnis, hanya beberapa saja yang mampu meletakkan namanya di tiap sudut pasar online. Seperti yang Saya sampaikan sebelumnya, menguasai pasar maya tidak semudah apa yang dibayangkan. Mungkin Anda adalah penguasa pasar offline di kota tempat Anda berusaha untuk kategori produk yang Anda distribusikan. Namun, apakah Anda mampu menaklukkan persaingan ketat, dimana ada banyak sekali perusahaan lain dalam kategori produk seperti Anda? Ingat! Cakupan Internet jauh, jauh dan jauh lebih luas.

Setidaknya pengalaman offline menjadi modal persiapan awal sebelum terjun langsung. Kemauan dan kesungguhan merupakan modal dasar yang tidak bisa dihilangkan mengingat tingkat kesulitan dan waktu yang harus ditempuh. Internet selalu berkembang, dan hal itu tentu mengakibatkan perubahan skema pasar yang mau tidak mau harus menyesuaikan diri.

Alternatif Terbaik

Menyewa Jasa SEO merupakan alternatif paling banyak digunakan, baik oleh perusahaan dengan nama besar offline maupun perusahaan baru mulai bergerak. Tingkat kesulitan merebut pasar online menjadi alasan paling banyak digunakan.

Fakta berikut bisa menjadi alasan kenapa harus menguasai pasar mesin pencari.

  1. Pengguna yang terus meningkat.
  2. Cakupan pasar berskala luas.
  3. Memiliki tingkat ketepatan pasar di atas 90%.
  4. Mampu mengangkat reputasi perusahaan secara menyeluruh.
  5. Efektif dalam hal publikasi produk baru.
Menggiurkan, memang itulah kesan yang lahir pertama kali ketika mengetahui besarnya peran search engine pada perkembangan bisnis dewasa ini.

Tidak semua marketer mampu menggenggam mesin pencari. Walaupun marketer tersebut memiliki latar belakang IT, belum bisa dipastikan akan bisa menguasai pasar online, khususnya mesin pencari. Hal itu terjadi karena tingkat persaingan yang terus meningkat, ditambah intensitas perubahan algoritma yang belum nampak jelas.

Hati-hati terhadap penawaran Jasa SEO yang banyak berkeliaran mengelilingi dunia maya. Pelajari metode yang digunakan, apabila metode mereka melanggar aturan mesin pencari yang berlaku, (baca google sandbox), jangan pakai Jasa mereka. Demikian artikel sederhana yang saya buat dengan tujuan meminimalisir kekecewaan pengguna jasa optimalisasi dan menambah minat pengelola bisnis agar masuk ke dalam persaingan di Internet.

No comments:

Post a Comment